Jumat, 10 Oktober 2014

PANDA



Siapa sih yang tidak suka dengan hewan mamalia yang satu ini. Sudah lucu,unik, dan juga mata hitam nya itu yang membuat hewan ini semakin menarik perhatian kita. 



Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca - "Kaki-kucing hitam-putih") atau diringkas Panda, adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Ursidae, yang hewan asli Tiongkok tengah. Panda Besar tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet. Pada setengah abad ke-20 terakhir, panda menjadi semacam lambang negara Tiongkok, dan sekarang ditampilkan pada uang emas negara tersebut.
Nama Tionghoanya 熊猫 (xiong mao) berarti "kucing-beruang," dan juga bisa dibaca dibalik tanpa mengubah arti. Ia dinamai panda di Barat karena mirip dengan Panda Merah, dan dulunya dikenal sebagai Beruang Belang (Ailuropus melanoleucus).
Panda ditandai dengan warna hitam dan putih khas mereka. Telinga, moncong, mata, bahu dan kakinya berwarna hitam sedangkan sisanya berwarna putih. Rambut tebal mereka membuat mereka merasa hangat di zona pegunungan yang basah dan dingin. Ketika merangkak, panda memiliki tinggi antara 60-100 cm dan panjang antara 1-2m. berat badan mereka antara 100-115 kg, dengan panda jantan yang lebih besar dari betina.
Salah satu ciri-ciri evolusi menarik dari panda yang menonjol ialah tulang pergelangan tangan mereka yang bertindak seperti ibu jari. Ini membantu panda memegang bamboo sementara mereka menguyah dengan gigi geraham merek yang kuat.
Ketika panda berumur antara 4-8 tahun, mereka mencapai kematangan dan bisa bereproduksi. Namun, panda betina hanya bisa hamil saat 2-3 hari dalam setiap musim semi,dalam waktu yang singkat ini,panda jantan dan panda betina menemukan satu sama lain melalui aroma dan panggilan mirip dengan kambing atau domba. Mereka tidak mengaum seperti beruang pada umumnya.
Sekitar 95-160 hari mengandung, panda betina akan melahirkan. Anak panda baru lahir dengan mata yang buta, berbulu sedikit dan kecil, beratnya hanya 85-140 g. benar-benar tak berdaya, anak panda tidak bisa bergerak banyak selama hampir 3 bulan. Ibu panda akan sangat protektif dan berhati-hati dalam merawat anaknya.
Meskipun secara taksonomis ia adalah karnivora, makanannya seperti herbivora, sebagian besar tumbuh-tumbuhan, hampir hanya bambu saja. Secara teknis, seperti banyak hewan, panda adalah omnivora, karena diketahui mereka juga makan telur, dan juga serangga selain bambu. Kedua makanan ini adalah sumber protein yang diperlukan. Telinganya bergerak-gerak saat mereka mengunyah.
Panda Besar pertama kali dikenal di dunia Barat pada 1869 oleh misionaris Perancis Armand David (18261900). Panda Besar lama menjadi hewan favorit masyarakat, sebagian karena spesies ini lucu seperti bayi, mirip dengan boneka beruang hidup. Panda juga sering digambarkan sedang berbaring santai sambil makan bambu, bukan berburu, sehingga meningkatlah citranya sebagai hewan manis dan cinta damai.
Peminjaman panda besar ke kebun binatang Amerika Serikat dan Jepang merupakan bagian penting diplomasi Panda Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1970-an karena peminjaman ini menandai sebagian pertukaran budaya pertama antara Tiongkok dan dunia Barat.
Namun, pada tahun 1984, panda sudah tidak lagi digunakan sebagai alat diplomasi. Alih-alih, Tiongkok mulai menawarkan panda kepada negara-negara lain untuk peminjaman hanya sepuluh tahun. Ketentuan peminjaman standar mencakup tarif hingga US$1.000.000 per tahun dan syarat bahwa anak yang lahir semasa peminjaman adalah milik Republik Rakyat Tiongkok.
Pada 1998 akibat tuntutan hukum oleh WWF, U.S. Fish and Wildlife Service mengharuskan kebun binatang AS yang ingin mengimpor panda agar memastikan bahwa setengah tarif yang dipasang Tiongkok disalurkan untuk upaya pelestarian panda liar dan habitatnya, barulah lembaga tersebut mau mengeluarkan izin pengimporan panda tersebut.        
Sebagai unofficial maskot Cina dan lambang World Wildlife Fund, panda adalah salah satu hewan yang paling dicintai di dunia. Panda juga salah satu spesies yang langka di dunia, hanya sekitar 1.600 ekor yang hidup di alam liar.
Viva news mengabarkan bahwa panda asal tiongkok ini kabar nya akan datang ke Indonesia tahun ini , berita ini disampaikan oleh Wakil Duta Besar Tiongkok untuk RI, Liu Hongyang, yang ditemui di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Jakarta selatan pada Kamis,26 Juni 2014, panda yang akan dikirim ke Indonesia akan diletakkan di Taman Safari,Bogor. Liu mengaku, baru saja berkunjung ke sana untuk melihat proses persiapan pembuatan rumah bagi sepasang panda itu.
Saya baru saja berkunjung dari Taman Safari,Bogor. Saat ini mereka tengah menyiapkan rumah untuk kedua panda itu,”kata Liu. Walaupun begitu, dia masih belum bisa memastikan kapan kedua panda itu akan dikirim ke Indonesia. Itu semua tergantung dari persiapan tim yang ada di Bogor, Bisa jadi kedua panda dikirim tahun ini. lanjut Liu. Menurut salah satu pejabat di Kementrian Luar Negeri Tiongkok, pengiriman panda ini tidak berarti hewan mamalia itu diberikan oleh Pemerintah Negeri Tirai Bambu. Keduanya akan berada di Indonesia hingga periode tertentu. Viva news
  “Dengan kedatangan panda ke Taman Safari Indonesia nantinya. Diharapkan kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara akan semakin meningkat. Sehingga pendapatan daerah pun akan meningkat pula," Direktur Taman Safari Indonesia Frans Manansang seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas Travel, Minggu (8/6/2014).
 Sumber :




0 komentar:

Posting Komentar